Subsidi Biaya Pemondokan Meningkat

JAKARTA – Menteri Agama Suryadharma Ali berharap agar biaya indirect cost sebagai subsidi bagi jamaah di BPIH 2014 semakin besar.

Suryadharma mengatakan, saat ini jamaah tidak membayar 100 persen biaya pemondokan karena telah mendapatkan subsidi dari bagi hasil setoran awal haji.

Menag memaparkan subsidi pemondokan ini terus naik dari tahun ke tahun. Contoh pada 2012, subsidi pemondokan sebesar 850 riyal Saudi atau sebesar Rp 2,6 juta. “Kemudian pada 2013 subsidinya sudah sebesar 1.850 real atau sebesar Rp 5,7 juta,” kata Suryadharma, Selasa (25/2).

Ia menargetkan tahun ini subsidi pemondokan itu bisa naik kembali dari jumlah BPIH 2014 yang harus dibayar semakin berkurang. Kemudian untuk biaya komponen lain seperti penerbangan, penentunya adalah perubahan kurs dolar terhadap rupiah dan avtur.

Menurut Menag, inilah yang perlu pembahasan lebih jauh. "Walaupun jumlah dolar AS-nya sama seperti tahun lalu. Tapi ketika dikonversi ke rupiah, bisa jadi terdapat perbedaan yang jauh," ujarnya. (republika)