Tahun Ini Pembimbing KBIH Ditambah

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akhirnya menyetujui penambahan jumlah pembimbing dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) untuk jamaah haji reguler.

Penambahan itu setelah Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Anggito Abimanyu memastikan akan menambah pembimbing haji KBIH yang diambil dari Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD).

Menurut Anggito, dari seluruh pendamping jamaah haji yang dikoordinasi pusat atau daerah, hanya TPHD yang kinerjanya kurang berfungsi.

"Karena itu porsi pembimbing KBIH akan kita ambil satu dari tiga porsi yang diberikan ke TPHD di setiap daerah," ujar Anggito di Muktamar Luar Biasa Forum Komunikasi KBIH (FK KBIH) Indonesia yang diselengarakan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Kamis 27/2).

Dengan demikian, kata dia, jatah pembimbing haji dari KBIH pada 2014 akan naik dari yang sebelumnya hanya 100 orang pembimbing KBIH, maka tahun ini bisa menjadi 273 orang.

Anggito berharap dengan penambahan pembimbing haji dari KBIH ini pelaksanaan ibadah jamaah haji reguler Indonesia akan semakin berkualitas.   (republika)