Kloter Pertama Calhaj Terbang 1 September 2014

CIREBON - Kloter pertama calon haji (calhaj) akan terbang ke Tanah Suci pada 1 September 2014. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Anggito Abimanyu menyebutkan, sejauh ini proses persiapan haji 2014 sesuai rencana.

"Persiapan haji tahun ini mulai dari tender secara terbuka, mencaei perumahan, lalu transportasi, katering, dan persiapan rekruitmen petugas haji. Pembagian kloter insya Allah pada April  dan semua proses itu diperkirakan selesai pada Mei. Sejauh ini on track," kata Anggito, Selasa (4/3).

Anggito mengingatkan bahwa peosesi ibadah haji kali ini jatuh pada musim panas. "Kita juga akan mempersiapkan upaya antisipasi di bidang kesehatan," ujar dia.

Ia bersyukur karena Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), sudah disetujui dewan legislatif sebelum memasuki masa reses, yaitu sebesar Rp 33.800.000. Biaya tersebut dipatok dengan asumsi nilai kurs tengah dolar AS sebesar Rp 10.500. Penurunan nilai BPIH ini, kaya Anggito, karena ada rasionalisasi biaya dan biaya perumahan yang ditanggung oleh dana dari indirect cost. Nilai indirect cost ini naik karena nilai tabungan jamaah juga naik.

Dengan nilai BPIH lebih rendah dari tahun lalu sehingga ada kelebihan dana yang akan dikembalikan kepada jamaah calon haji sebesar 308 dolar AS. Menurut Anggito, mekanisme pengembalian kelebihan dana tersebut masih dipikirkan.

"Kami sedang pikirkan apakah akan dibayarkan kembali dalam bentuk tunai di embarkasi, kemudian apakah dalam bentuk rupiah atau riyal. Meski pun kalau dalam bentuk riyal akan lebih mudah buat mereka karena bisa dipergunakan saat berhaji," katanya. (republika)