Penerbangan Haji Masih Proses Tender

JAKARTA -- Pemerintah hingga kini masih melakukan proses tender bagi maskapai yang melayani penerbangan haji 2014.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Anggito Abimanyu mengatakan pemerintah sedang melakukan proses tender bagi maskapai yang tertarik dalam melayani penerbangan haji 2014.
Namun Anggito belum bisa menyampaikan sejauh mana perkembangan proses tender tersebut. Ia mengungkapkan Kemenag berharap dengan lebih banyak maskapai yang akan bisa berpartisipasi sehingga harga pun akan bersaing.
Sebelumnya, ia pun mengutarakan ada syarat keringanan untuk ikut tender penerbangan haji. Di antaranya terkait IATA Operational Safety Audit (IOSA) yang mengatur regulasi keamanan.

Anggito mengatakan, walaupun persyaratan teknis itu penting untuk penerbangan internasional. Tapi syarat ini, bukan syarat yang menggugurkan maskapai yang akan ikut tender.

Pada rapat kerja Komisi VIII DPR RI dengan Kemenhub terkait penerbangan haji, diharapkan tender maskapai yang akan ikut penerbangan haji 2014 agar terbuka. Karena selama ini hanya dua maskapai yang dianggap selalu pantas melayani penerbangan haji, yakni Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines.  (republika)