Anggito: Haji 2014 Jarak Pemondokan Dekat Semakin Jauh

JAKARTA - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag), Anggito Abimanyu, mengungkapkan pada musim haji 2014 sejumlah pemondokan haji akan berjarak semakin jauh dari Masjidil Haram. Sebab, proyek renovasi Masjidil Haram membuat beberapa hotel jarak terdekat harus dihancurkan demi perluasan Masjidil Haram.
 
"Renovasi Masjidil Haram saat ini terus berlangsung dan ini mempengaruhi jarak pemondokan serta harga," ujar Anggito kepada Republika, Senin (7/4). Namun ia memastikan pemondokan bagi jamaah haji Indonesia di musim haji tahun ini tidak akan melebihi syarat yang telah ditentukan, yakni 4 kilometer. 
 
"Kita usahakan tidak ada yang sampai 4 kilometer," katanya. Ia juga mengkonfirmasi bahwa syarat pemondokan haji setara bintang tiga sudah akan dirasakan sebagian jamaah haji asal Indonesia tahun ini. Setidaknya ia memastikan ada 25 persen pemondokan haji di Saudi nanti yang fasilitasnya setara dengan hotel berbintang tiga.
 
Saat ini pihaknya mengakui sudah menyelesaikan proses pembahasan untuk pemondokan haji tahun ini. Selanjutnya Kemenag akan melakukan kontrak sesuai dengan standar fasilitas yang telah ditetapkan kepada pihak pemondokan. Walau sebagian fasilitas pemondokan akan setara hotel bintang tiga, ia memperkirakan biaya pemondokan tidak akan melebihi biaya pemondokan pada tahun lalu. (rol)