Kemenag Renovasi Asrama Haji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kementerian Agama (Kemenag) akan melakukan proses renovasi asrama haji yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal tersebut disampaikan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Abdul Djamil. 
 
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil menjelaskan, pada tahun 2015 ini akan ada 10 asrama haji yang akan direnovasi. Diantaranya di Sumatera Barat, Sumatera Utara, DKI dan Balikpapan. 
 
Menurutnya, saat ini banyak asrama haji yang berada di embarkasi sudah lama tidak dilakukan renovasi sehingga banyak yang mengalami kerusakan. Seperti asrama haji di Pondok Gede, Jakarta Timur, yang bangunan lamanya sudah lusuh. Untuk itu renovasi dinilai perlu dilakukan. 
 
Selain itu, saat ini asrama haji juga sudah menjadi Unit Pelaksan Tugas (UPT) yang formal sehingga proses renovasi dilakukan agar asrama haji dapat menjadi tempat alternatif dalam melaksanakan kegiatan seminar atau workshop yang sudah dilarang dilakukan di hotel.
 
Dengan menjadikan asrama haji sebagai tempat alternatif, jelas Abdul Djamil, maka akan terciptanya efisiensi pembiayaan perkantoran. 
 
"Sekarang sudah tahapan tiga (proses renovasi). Kalau Anda lihat di Pondok Gede, gedung utamanya sudah keren. Supaya bisa mengurangi citra asrama haji itu tempat untuk kegiatan yang murahan," ujar Abdul Djamil menerangkan.