Masjidil Haram Aman Bagi Jamaah Lansia dan Berkursi Roda

Dirjen Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kementerian Agama Anggito Abimanyu memastikan kondisi Masjidil Haram yang sedang dalam renovasi aman bagi jamaah berkursi roda dan lanjut usia. "Kondisinya sudah bagus, terpasang semuanya dan aman untuk kursi roda dan lansia," ujar Anggito, Selasa (3/9) malam.

Arab Saudi membangun sarana tawaf sementara bagi jamaah lansia dan yang menggunakan alat bantu seperti kursi roda sehubungan dengan renovasi yang sedang dilakukan di Masjidil Haram.

Selain itu, Anggito juga mengatakan pemondokan bagi jamaah haji Indonesia sudah siap huni. "Pemondokan sudah 100 persen siap," kata Anggito yang berada di Arab Saudi antara lain untuk menyelesaikan kontrak perumahan di Mekkah.

Ia menambahkan, persiapan untuk menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia gelombang pertama di Madinah sudah 100 persen.

Kelompok terbang pertama jamaah haji Indonesia akan berangkat pada 10 September. Terkait kondisi cuaca yang panas di Arab Saudi yang mencapai lebih dari 40 derajat celcius, Anggito berpesan kepada jamaah agar senantiasa menjaga kesehatan. Selain itu, "Ikuti semua petunjuk dari petugas," katanya. 

(rol)