Jalur Tawaf Lansia Sudah Terpasang dan Aman

Jalur tawaf khusus jamaah calon haji (calhaj) lanjut usia (lansia) dan pengguna alat bantu seperti kursi roda sudah terpasang di Masjidil Haram.

"Kondisi sudah bagus, terpasang semuanya, dan aman untuk lansia dan kursi roda," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Anggito Abimayu, Selasa ( 3/9) malam.

Selama proses pemugaran Masjidil Haram, pemerintah Arab Saudi memasang jalur khusus untuk lansia dan pengguna alat bantu seperti kursi roda. Jalur ini dipasang secara knock down dan terletak di bagian atas jalur tawaf biasa.

Menurut Anggito, Madinah kini dalam kondisi siap menerima kedatangan jamaah calhaj Indonesia gelombang pertama. Sementara negosiasi pemondokan di Makkah kini telah mencapai 80 persen. Negosiasi ini terkait dengan amandemen kontrak setelah kuota haji Indonesia dikurangi 20 persen akibat renovasi Masjidil Haram.

Anggito berpesan agar calhaj Indonesia mempersiapkan fisik dan menjaga kesehatan. Salah satu tantangan yang dihadapi saat ini, katanya, adalah cuaca yang panas. Laman wunderground.com melaporkan, suhu Makkah hari ini diperkirakan 42 C, suhu Jeddah 37 C, dan suhu Madinah 45 C. 

(rol)