Jamaah Haji Diminta Bawa Obat

Setiap jamaah haji tentu berharap ibadahnya dapat dijalani dengan fisik yang sehat, namun tidak ada salahnya berjaga-jaga. 

Ahli penyakit dalam dr. Ari Fahrial Syam mengingatkan para jamaah haji untuk selalu membawa obat-obatan. Jamaah haji yang dinyatakan sehat tanpa penyakit kronis disarankan untuk membawa obat yang biasa dikonsumsi sehari-hari untuk mengatasi keluhan-keluhan ringan.

"Bawa obat sehari-hari, obat sakit kepala, diare, mual-mual, dan muntah," katanya saat dihubungi. Sementara itu, jamaah yang memiliki penyakit kronis harus membawa obat-obat pribadi agar ibadah di tanah suci tidak terhambat.

"Walaupun di sana ada tim kesehatan, dokter, atau bisa beli di apotek, akan lebih baik dan praktis bila dari Indonesia sudah membawa obat-obat pribadi," lanjutnya.

Dia juga menyarankan para jamaah untuk berkonsultasi dengan dokter pribadinya sebelum berangkat."Nanti dokter bisa kasih obat-obat yang harus dibawa sesuai keadaan tubuh, tanyakan juga kepada dokter, jika ada yang bisa diobati saat itu, obatilah. 

(rol)