Kapolda Jabar Harapkan Jamaah Haji Saling Tolong

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suhardi Alius mengharapkan keluarga besar kepolisian selaku jamaah calon haji selalu menjaga kesehatan, kebersamaan, serta tolong menolong selama di perjalanan, pemondokan, dan pelaksanaan ibadah di Tanah Suci.

"Diharapkan calon haji dari Keluarga Besar Polda Jabar dan umumnya dari Jabar untuk menjadi teladan, menjaga kesehatan, kebersamaan dan saling tolong agar semuanya bisa melaksanakan tahapan ibadah dengan baik," kata Suhardi ketika melepas 172 calon haji Keluarga Besar Polda Jabar di Bandung, Sabtu.

Kapolda mengimbau mereka bersikap sabar dan disiplin terhadap semua peraturan, baik di pemondokan, perjalanan, maupun selama menunaikan ibadah haji.

Ia mengharapkan ke-172 calon haji itu mampu menjadi duta-duta bangsa yang dapat mengharumkan nama baik Polri khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya di hadapan bangsa-bangsa lain, baik saat bermukim di Mekkah maupun di Madinah.

Mengingat ibadah haji merupakan ibadah yang multi kompleks, kata Kapolda, maka selain membutuhkan kesehatan fisik, mental dan kemampuan finansial, juga memerlukan faktor nonfinansial yakni panggilan/seruan dari Allah SWT.

"Diperlukan niat yang ikhlas semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT, karena pada hakikatnya amal seseorang tergantung dari niat dalam hati sanubarinya," kata dia.

Selama di Tanah Suci, kata dia, jamaah dihadapkan dengan kondisi cuaca dan medan yang berbeda dengan di masing-masing daerah sehingga memerlukankan kesiapan mental, dan fisik. 

(rol)